12 Polda Siap Bantu Pengamanan Pelantikan Jokowi

Liputan6.com, Jakarta – 24 Ribu personel gabungan dari kepolisian, TNI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah disiapkan mengamankan jalannya pelantikan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada 20 Oktober mendatang.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan pihaknya juga meminta bantuan pasukan dari 12 Polda dalam pengamanan pelantikan Joko Widodo dan pasangannya, Jusuf Kalla. Unggung menyebutkan ribuan personel dari 12 Polda akan ikut mengamankan jalannya pelantikan Jokowi.

“12 Polda itu Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polda Metro Jaya, dengan jumlahnya 2.100 personel, mulai pergeseran pasukan (serpas) tanggal 15 dan 16 (Oktober),” ujar Unggung di Polda Metro Jaya, Selasa (14/10/2014).

Unggung menjelaskan dari 2100, masing-masing Polda mengirimkan dua kompi, 210 itu kemampuan ada dua, kemampuan PHH (Pasukan Anti Huru-Hara) dan anti-anarkis. Kecuali ada 4 polda yang mengerahkan 105 dengan kemampuan PHH.

“Mereka akan membantu melengkapi penyekatan-penyekatan dari berbagai lokasi. Nanti yang paling besar itu di Monas,” tambah dia.

Pengamanan pelantikan Jokowi-JK ini termasuk Operasi Mantap Brata Jaya 2014. 12 Polda yang ikut dalam operasi, yakni Aceh, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara dan Sulawesi Utara.