Ahok: Saya Banyak Belajar dari Wong Solo

Liputan6.com, Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hari ini resmi ‘bercerai’ dengan Jokowi yang telah dilepas jabatannya sebagai Gubernur DKI. Ahok pun otomatis menyandang status Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta.

Dirinya mengaku selama 2 tahun memimpin Jakarta bersama-sama, dia banyak belajar dari figur Jokowi. Seperti terutama sikap santun dan kerendahan diri Presiden Terpilih itu. Meski hingga kini hal itu masih belum bisa diterapkannya.

“Saya udah lebih baik, jinak, karena belajar dari wong Solo. Istri saya sering nanya kenapa selalu pakai baju Solo (batik)? Ya karena dikasih terus dari Pak Jokowi. Hehehe,” kata Ahok di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/10/2014).

Namun, ada satu hal yang belum bisa ia tiru dari Jokowi. Yakni kemampuan mantan Gubernur DKI itu menahan lapar. Sebab, menurut Ahok, apabila sudah sibuk seperti blusukan atau rapat, Jokowi tak jarang lupa makan.

“Yang saya tidak berhasil pelajari itu kebiasaan Pak Jokowi makan telat. Kan keliatan kan dari postur tubuh siapa yang malas makan, siapa yang rajin,” ucap Ahok yang mengundang tawa.

Berdasarkan keterangan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dody Riyadmadji, hari ini Jokowi telah menerima surat Keputusan Presiden (Keppres) nomor 98/T/2014, tentang Persetujuan Pengunduran Diri Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Ahok. (Mut)