Alasan Nama Menteri Jokowi Diumumkan Usai Pelantikan

Liputan6.com, Jakarta – Presiden terpilih Joko Widodo menyatakan nama menteri di kabinet pemerintahannya baru akan diumumkan usai dilantik pada Senin 20 Oktober mendatang. ‎Pengumuman nama menteri Jokowi itu paling lambat sehari setelah pelantikan digelar.

“Kita harapkan tanggal 21‎ Oktober (setelah pelantikan) sudah bisa disebutkan nama-nama menterinya,” ujar Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, (15/10/2014).

Jokowi menuturkan, alasan pengumuman nama-nama menterinya setelah dilantik karena ‎adanya usulan sejumlah pihak yang menilai penyebutan nama-nama menteri sebelum upacara pelantikan digelar kurang etis dari sisi politik.

“Karena banyak yang ingatkan ke saya, kalau diumukan sebelum dilantik itu etis nggak. Kalau dipaksakan, nanti ada bunyi, nanti etika itu seperti apa,” kata Jokowi.

Walau mengatakan baru dapat mengumumkan nama-nama menteri paling lambat tanggal 21 Oktober, namun menurut dia, untuk struktur dan nama-nama Kementerian di kabinetnya ‎akan diumumkan pada Senin 20 Oktober pascadilantik.

“‎Nanti bisa tanggal 20 Oktober untuk organisasisinya seperti apa (struktur kabinet pemerintahan), tapi kalau orang-orangnya belum, nanti setelah itu,” ujar suami Iriana ini. (Sss)