Bertemu Ical, Jokowi Ajak Golkar Gabung Koalisi Indonesia Hebat?

Liputan6.com, Jakarta – Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan tertutup dengan Ketua Umum Partai Golkar Abu Rizal Bakrie di Galeri Seni Kunstkring, Menteng, Jakarta Pusat. Deputi Tim Transisi Andi Widjayanto mengatakan, pertemuan tersebut terjadi atas inisiatif Jokowi dan telah direncanakan sebelumnya.

“Ini sudah direncanakan 2 hari lalu dan diprakarsai oleh Pak Jokowi,” ujar Andi di Galeri Seni Kunstkring, Selasa  (14/10/2014).

Menurut Andi, pertemuan tersebut bukan untuk menjajaki agar Partai Golkar, yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP), bergabung dengan koalisi partai pendukung Jokowi-JK, Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Andi mengatakan, pertemuan tertutup itu hanya silaturahmi yang dilakukan presiden terpilih dengan para ketua partai politik.

“Ini silaturahmi saja untuk menjadi presiden karena beliau ingin bangun komitmen dengan ketua partai. Beliau tidak ingin ada perpecahan dan terbelah,‎” kata Andi.

Lalu, apakah pertemuan Jokowi itu tak sebatas hanya pada ketua umum Golkar tapi juga ke ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang merupakan rivalnyanya saat pilpres 9 Juli lalu? “Ya tentu, ini safari politik termasuk dengan ketum Koalisi Merah Putih yang lain,” ucap Andi. (Mut)