Fahri Hamzah: Pesta Pelantikan Jokowi-JK Tradisi Bagus

Liputan6.com, Jakarta – Wacana pesta rakyat untuk menyambut pelantikan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden terpilih ditanggapi positif oleh Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah. Menurut dia, pesta tersebut semakin menguatkan imajinasinya tentang pelantikan presiden seperti di Gedung Putih, Amerika Serikat.

Pendukung Jokowi sebelumnya dikabarkan akan melaksanakan serangkaian acara dalam menyambut pelantikan mantan Walikota Surakarta tersebut. Rencananya, akan diadakan kirab pawai akbar yang mengantarkan Jokowi dari Gedung DPR RI menuju Istana Negara, Jakarta Pusat.

Bahkan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyarankan agar sumpah pelantikan Jokowi-JK dilaksanakan di tangga Dewan sehingga mengundang massa yang lebih besar.

“Supaya bisa hadir semua dan imajinasi saya seperti di Gedung Putih (Amerika Serikat),” kata Fahri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (14/10/2014).

Wakil Ketua DPR itu menambahkan, pesta pelantikan Jokowi-JK merupakan sebuah tradisi yang bagus dan harus dibiasakan oleh para pemimpin.

Soal pengamanan, Fahri Hamzah meminta agar pihak militer dan kepolisian selalu bersiaga agar terhindar dari hal yang tak diinginkan. “Saya kira pengamanan di belakang layar harus diperkuat,” tandas Fahri. Pelantikan Jokowi-JK berlangsung pada 20 Oktober 2014. Pelantikan ini sekaligus menjadi titik awal dimulainya pemerintahan Jokowi-JK. (Ans)