Gelar Syukuran Jokowi-JK, Slank Diminta Jaga Kebersihan Monas

Liputan6.com, Jakarta – Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, bakal ikut menyambut pelantikan Jokowi-JK pada 20 Oktober 2014. Di sana bakal digelar ‘Syukuran Rakyat’.

Kepala Unit Pengelola (UP) Monas Rini Hariyani ‚Äémengimbau, penyelenggara ‘Syukuran Rakyat’ untuk menjaga kebersihan dan fasilitas di kawasan itu saat hari pelantikan Jokowi-JK.

“Saya sudah sampaikan, saya mengimbau jangan sampai kawasan Monas ini rusak, ini cagar budaya, tamannya jangan sampai berbeda kondisinya dari saat acara baru mulai dan sudah selesai,” kata Rini di Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Dia mengatakan, hal itu sebenarnya sudah disampaikan kepada penanggung jawab acara, Abdee Negara (gitaris grup band Slank). Panitia pun berjanji akan mengikutsertakan komunitas pemulung dalam penyelenggaraan acara ‘Syukuran Rakyat’ tersebut. Mereka akank memungut sampah usai penyelenggaraan acara.

“Saya sudah ditelepon Abdee Negara kalau tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan menyampaikan standar operasional prosedur (SOP)-nya. Tapi, kalau sampai Monas kotor dan rusak, saya datangi panitianya, saya kejar Abdee Negara untuk tanggung jawab,” tegas Rini.

Untuk izin penyelenggaraan acara, Rini mengaku telah mendapat disposisi dari Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah. Dia pun meminta panitia acara untuk segera mengambil izin prinsip yang berada di UP Monas agar segera dapat mengurus izin keramaian dan pelaksanaan acara kepada Polda Metro Jaya.

“Selain izin, panitia juga harus membayar retribusi. Tapi berapa besaran retribusi yang harus dibayar, tidak perlu diberi tahulah,” tandas Rini.

Rencananya, usai pelantikan sekitar 11.30 WIB pekan depan, Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) dijadwalkan akan diarak ke Istana dengan diiringi kirab karnaval dan tani. Kirab kemudian akan dilanjutkan di Monas, Jakarta.

Di sana juga akan digelar pertunjukkan grub band Slank. Pada sore harinya, Jokowi akan menyampaikan pidato sebagai presiden dirangkaikan dengan pemotongan tumpeng.

Setelah prosesi pelantikan itu, Jokowi dan JK bakal menghadiri jamuan makan malam bersama tamu-tamu negara. Dan sekitar pukul 20.00 WIB keduanya akan melepas lampion ke udara bersama rakyat dengan dress code warna putih. (Mvi)