Isi Pembicaraan Tertutup Jokowi dengan Ical

Liputan6.com, Jakarta – Presiden terpilih Jokowi melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie di Galeri Seni Kurstkring, Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan 4 mata tersebut dibalut dalam jamuan sore.

“‎Dengan Bapak ARB, Ketua Umum Golkar yang hampir selama 1 jam kita bertemu dan ngopi bareng. Meskipun saya tidak suka kopi, tapi saya terpaksa ngopi agar kita bisa lebih enak dan santai ngobrolnya,” ujar Jokowi, Selasa (14/10/2014).

Jokowi mengatakan, pertemuan private tersebut hanya membicarakan hal santai sambil bercerita mengenai persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kenegaraan. Ical banyak bercerita mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi saat masih menjabat Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di masa pemerintahan SBY.

“Kami berdua, saya dan ARB bicara banyak mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kenegaraan. Beliau banyak cerita mengenai detail waktu jadi menteri jadi Menko. Dan beliau juga banyak berikan masukan kepada kita,” kata Jokowi.

Senada dengan Jokowi, Ical yang mengenakan kemeja abu itu mengaku pembicaraan tersebut jauh dari hal-hal yang bersifat politis. “Tadi kita ngopi bareng, dengan jajanan pasar. Pak Jokowi makan onde-onde, saya makan kelepon. Kita ngobrol-ngorol santai,” ucap Ical sambil tersenyum.

Ia pun mengaku sedikit menceritakan pengalamannya mengenai persoalan di beberapa daerah yang pembangunannya masih tertinggal seperti di wilayah Papua. “Pada dasarnya memikirkan Indonesia ke depan. Apa pendapat saya? Saya banyak cerita tentang pendapat saya untuk Indonesia ke depan. Bicara soal ekonomi, bercakap mengenai persoalan Papua, dan masalah lainnya,” beber Ical.