Kusir dan Kuda Kirab Jokowi-JK Didatangkan dari Solo

Liputan6.com, Jakarta – Panitia Nasional Pesta Rakyat mendatangkan kusir asal Solo, Jawa Tengah, untuk mengemudikan andong yang akan membawa Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dalam kirab pada 20 Oktober 2014.
    
“Kuda dan kusirnya didatangkan langsung dari Solo, sedangkan kereta kencana dari Jakarta,” kata Koordinator Divisi Kirab Panitia Nasional Pesta Rakyat Jay Wijayanto di Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Dia menjelaskan, akan ada dua kereta kencana milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang digunakan. Satu untuk membawa Jokowi dan Iriana Widodo dan satu lagi untuk Jusuf Kalla dan Mufidah Kalla.

Kirab budaya akan digelar pada 20 Oktober, mulai pukul 12.00 WIB usai pelantikan Jokowi dan JK sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung DPR.

Jalur kirab dimulai dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat dan berakhir di lapangan Monumen Nasional (Monas).

Menurut Jay, sejumlah komunitas sudah mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam kirab tersebut. Antara lain kelompok penari reog Ponorogo, komunitas sepeda bambu, pengguna kostum batik, pemain perkusi, kelompok marching band, dan pemulung.

Beberapa artis Ibukota, termasuk grup band Slank yang akan ikut kirab menaiki andong, akan mengikuti kirab tersebut.

Hingga kini, sejumlah komunitas masih mendatangi Sekretariat Panitia Nasional Pesta Rakyat di kawasan Menteng, Jakarta, untuk mendaftar menjadi peserta kirab.

“Urutan peserta kirab masih dibahas bersama, kami masih menerima pendaftaran peserta kirab, seperti penari dari Papua dan Maluku,” tambah dia.

Pesta rakyat menyambut presiden baru digagas sukarelawan dan simpatisan Jokowi-JK yang membentuk Panitia Nasional Pesta Rakyat yang diketuai oleh Abdee ‘Slank’ Negara. (Ant/Riz)