Menko Polhukam: Tak Ada Sertijab Presiden dari SBY ke Jokowi

Liputan6.com, Jakarta – Presiden SBY akan menggelar upacara penyambutan Presiden terpilih Jokowi di Istana Negara. Upacara itu dilakukan setelah Jokowi dilantik sebagai presiden ke-7 RI di Gedung MPR/DPR, Senin 20 Oktober mendatang.

Namun, beredar kabar yang menyebutkan acara penyambutan Jokowi itu sebagai serah terima jabatan presiden dari SBY. Menko Polhukam Djoko Suyanto menegaskan, acara di Istana itu adalah Upacara Penyambutan Presiden Jokowi dan Penghormatan Kebesaran dari TNI dan Polri kepada Presiden Jokowi.  

“Jadi bukan upacara Sertijab yang banyak disalah mengerti beberapa kalangan,” tegas Djoko dalam pesan singkatnya di Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Ia menyatakan, upacara penyambutan presiden baru ini akan menjadi tradisi baru demokrasi di Indonesia. “Acara ini untuk menciptakan tradisi baru alih kepemimpinan nasional yang bermartabat dan damai,” tukas Djoko.

Upacara peyambutan Jokowi itu akan dilakukan secara militer. Setelah upacara, Presiden SBY akan memperkenalkan Jokowi kepada staf rumah tangga presiden yang nantinya setiap hari mendampingi Jokowi. Setelah acara di Istana selesai, Presiden SBY akan meninggalkan Istana Merdeka menuju rumah pribadinya di Cikeas, Jawa Barat, menggunakan kendaraan pribadi.