Tim Transisi Siapkan Kedatangan Keluarga Jokowi dari Solo

Liputan6.com, Jakarta – Para anggota Tim Transisi hari ini menyambangi kediaman dinas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat. Di sana mereka membahas sejumlah persiapan pelantikan Jokowi sebagai presiden ke-7 RI pada 20 Oktober 2014.

Termasuk soal rencana kedatangan keluarga besar Jokowi dari Solo, Jawa Tengah untuk menghadiri pelantikan Jokowi-JK.

“Kalau dari list, ada kakaknya Jokowi, ada ibu kandung, istri, ketiga anak, ada kakaknya ibu Iriana dan keluarga besar lain. Jumlahnya sekitar 60-an,” kata Deputi Gubernur Tim Transisi, Andi Widjajanto di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (16/10/2014).

Dia mengatakan, Tim Transisi bertugas mempersiapkan kedatangan keluarga Jokowi dari Solo dan akomodasi mereka selama di Jakarta. Dari mulai acara pelantikan MPR hingga di Istana.

Dia menjelaskan, yang dapat mendampingi Jokowi saat pelantikan kemungkinan hanya 6-7 orang keluarga inti saja. Seperti ibunda Jokowi Sugiatmi Notoharjo, sang istri Iriana, dan ketiga anaknya. Sementara sisa keluarga yang lain ikut ke Gedung DPR-MPR, Senayan dan akan dibawa ke Istana.

“Untuk melihat situasi Istana dan mereka akan kembali ke Solo hari Selasa,” tutur dia.

Andi memastikan, keluarga besar Jokowi juga akan ikut serta dalam acara ‘Syukuran Rakyat’ untuk mengantar mantan Walikota Solo itu dari lokasi pelantikan ke Istana Merdeka.

“Mereka akan ikut festival, tadi cukup semangat, keponakan-keponakan, menyiapkan baju putih karena ingin berbaur dengan relawan. Kami siapkan, karena ini keluarga presiden, dibantu untuk menyediakan kendaraan bus untuk keluarga itu,” tutur Andi.

Rencananya, usai pelantikan sekitar 11.30 WIB pekan depan, Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) dijadwalkan akan diarak ke Istana dengan diiringi kirab karnaval dan tani. Kirab kemudian akan dilanjutkan di Monas, Jakarta.

Di sana juga akan digelar pertunjukan grup band Slank. Pada sore harinya, Jokowi akan menyampaikan pidato sebagai presiden dirangkaikan dengan pemotongan tumpeng.

Setelah prosesi pelantikan itu, Jokowi dan JK bakal menghadiri jamuan makan malam bersama tamu-tamu negara. Dan sekitar pukul 20.00 WIB keduanya akan melepas lampion ke udara bersama rakyat dengan dress code warna putih. (Ans)