Usai Pelantikan, Jokowi-JK Naik Kereta Kencana Menuju Istana

Liputan6.com, Jakarta – Pelantikan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019 akan tampil berbeda dibandingkan pelantikan presiden-presiden RI sebelumnya. Berdasarkan agenda, usai mengucapkan sumpah dan janji presiden dan wakil presiden, Jokowi yang bernama lengkap Joko Widodo dan Jusuf Kalla (JK) akan menaiki kereta kencana menuju Istana Negara. Setelah itu, keduanya akan menghadiri pesta rakyat di kawasan Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Untuk mengamankan rangkaian acara pelantikan ini, TNI bersama Polri sudah menyiapkan pasukan pengamanan. Termasuk pagar betis yang akan disiapkan sepanjang Gedung DPR-MPR hingga Istana Negara dan Monas.

“Seluruh pengamanan sudah kita siapkan sampai melakukan pagar betis mulai dari MPR sampai Istana. Istana menuju Monas sudah kita siapkan, tetapi itu sudah menjadi presiden,” kata Kapolri Jenderal Sutarman, usai apel siaga di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Sutarman menjelaskan, ada beberapa perubahan dalam acara perayaan pelantikan Jokowi-JK. Perubahan itu sudah disepakati dengan panitia penyelenggara di Kantor Kemenkopolhukam.

“Pesta rakyat, saya kemarin sudah mengimbau untuk tidak ada arak-arakan. Jadi kesepakatannya saat pertemuan di Kemenkopolhukam, nanti dimulai dari Hotel Indonesia (HI), nanti keluar dari sana, sampai di HI turun lalu akan menggunakan kereta kencana menuju istana,” ungkap Sutarman.

Setelah itu, Jokowi akan disambut Susilo Bambang Yudhoyono di Istana. Jokowi akan mengikuti upacara militer penyambutan presiden.

“Setelah acara selesai, Pak SBY memperkenalkan karumga (kepala rumah tangga) yang ada di sana. Setelah itu presiden akan mengantarkan Bapak SBY keluar pintu timur istana dan setelah itu ada beberapa kegiatan pesta sampai ke Monas dan beberapa pesta lainnya,” tutup Sutarman.

Pelantikan Jokowi-JK berlangsung pada 20 Oktober mendatang. Guna memuluskan jalannya acara, Polri dan TNI terus melakukan persiapan. Termasuk mengamankan perjalanan Jokowi-JK dengan kereta kencana. (Ans)