Usai Pelantikan Jokowi-JK, Relawan Gelar Pesta Rakyat di Monas

Liputan6.com, Jakarta – Gabungan relawan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) akan menggelar acara penyambutan pasangan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2014-2019. Rencananya, acara ini akan digelar di Bundaran HI dan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Ketua Nasional Syukuran Rakyat Jokowi-JK, Abdee Negara mengatakan ada beberapa bentuk acara yang akan digelar setelah  Jokowi-JK dilantik di Gedung MPR-DPR, Senayan, Jakarta.

“Nama acara ini adalah Syukuran Rakyat Salam 3 Jari. Bentuk dari partisipasi itu banyak, mulai dari kirab sampai bentuk hiburan dan berbagai macam kebudayaan,” kata Abdee saat memberikan keterangan pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (15/10/2014).

Acara tersebut, kata Abdee, diawali dengan diskusi pada tanggal 17 dan 18 Oktober 2014. Kemudian pada tanggal 19 Oktober, para relawan akan menggelar doa dan zikir bersama yang akan digelar di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Abdee menambahkan, puncak acara syukuran itu nantinya akan diadakan silang Monas, Jakarta Pusat pada 20 Oktober 2014. Sebelum menuju Monas, kata Abdee, nantinya Jokowi-JK akan disambut di Bundaran HI dan diarak dengan kirab budaya hingga ke Istana Negara.

“Dilanjutkan dengan kirab mengantar Presiden dan Wakil Presiden ke Istana sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah dari Istana, kemudian akan berlanjut di Monas,” tambah gitaris grup band Slank itu.

Untuk estimasi relawan dan masyarakat yang akan hadir dalam acara tersebut, Abdee memperkirakan sebanyak 100 ribu orang.

Selain itu, acara ini juga akan ada pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dengan pelepasan 14.780 lampion. “Nanti juga akan diterbangkan 14.780 lampion di Monas untuk menjadi rekor MURI,” tutup Abdee. (Ans)